Opini
Memajukan Pendidikan bagi Masyarakat Berkemajuan

Memajukan Pendidikan bagi Masyarakat Berkemajuan

Program Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat untuk membantu dan membimbing masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi kehidupan dan masa depan. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya ntuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadan, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Dasar inilah yang menjadikan penulis melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat.

Pada Program Pengabdian Masyarakat mempunyai empat kelompok sasaran, yaitu mahasiswa, masyarakat, pemerintah daerah dan perguruan tinggi. Bagi mahasiswa mempunyai sasaran untuk membina mahasiswa agar menjadi motivator dan innovator. Sasaran bagi masyarakat dan PEMDA dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. Sasasaran bagi perguruan tinggi adalah memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian maha dalam masyarakat, sehingga kurikulum perguruan tinggi dapat disesuaikan dengan kondisi masyarakat yang diwakili oleh Kepala Desa yang terkait.

Pengabdian Masyarakat bagi mahasiswa diharapkan mampu mendisiplinkan keilmuannya dan berupaya mewujudkan pendidikan yang lebih efektif yaitu pendidikan yang dialami langsung oleh mahasiswa. Sehingga materi dari teori-teori di bangku perkuliahan dapat diterapkan dalam lingkungan masyarakat, karena terkadang teori-teori yang didapat tak selalu sama dengan kenyataan yang ada di lingkungan masyarakat. Dalam kegiatan pengabdiannya pada masyarakat, mahasiswa memberikan pengalaman berupa ilmu, teknologi, seni, keterampilan, dan agama untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan mengatasinya secara tepat. Dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, kinerja harus diupayakan secara berkesinambungan. Oleh karena itu, baik secara individual maupun kelompok, mahasiswa mengamati dengan cermat mengenai permasalahan yang terjadi dan potensi yang dimiliki masyarakat.

Tujuan utama dari Program Pengabdian Masyarakat adalah memacu pembangunan masyarakat dengan menumbuhkan motivasi kekuatan sendiri, mempersiapkan kader-kader pembangunan serta sebagai agen perubah. Tujuan utama lain adalah agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatan dalam masyarakat, dan secara langsung dapat menemukan, mengidentifikasi, merumuskan, serta memecahkan permasalahan dalam kehidpan bermasyarakat secara interdisipliner, komperhensif, dan lintas sectoral. Berdasarkan hal tersebut, Program Pengabdian Masyarakat sebagai bentuk aplikasi keilmuan yang dimiliki mahasiswa terhadap masyarakat dalam mengembangkan kompetensinya, diharapkan sudah selayaknya siap untuk menghadapi tantangan yang sedang berkembang pada era globalisasi seperti sekarang ini secara terstruktur melalui beberapa tahap diantaranya persiapan, pembekalan, observasi sampai pada tahap evaluasi.

Program yang dilaksanakan dalam pengabdian yakni Bimbingan Pintar, Qur’an Edu, Fun English, Mari Membuat Coklat, Wayang Cita, Menggambar Paper Bag, Pengajian Rutin dan Pasar Pustaka atau Taman Baca.

*) Catatan

  • Penulis adalah Fikri Adli Anggota Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan PW IPM DKI Jakarta.
  • Substansi tulisan sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.
Yuk Bagikan Tulisan ini !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *